Pengertian korosi dan cara pencegahanya



Kimia merupakan salah satu mata pelajaran sains yang baru kita  temukan rata-rata saat kita sudah berada dibangku SMA/MA/SMK. Pastinya saat pertama kita mengenal mata pelajaran tersebut, kita berfikir bahwa kimia pasti berada di laboratorium, dengan beragam bahan peledak, dan lain sebagainya.
Sebenarnya, dengan kita mempelajari tentang ilmu kimia kita dapat mengetahui beragam zat makanan atau zat lain yang bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari . Disini saya akan menyajikan satu materi tentang kimia yang berkaitan dengan fenomena korosi dan pencegahannya.
"Pengertian korosi" atau Korosi yang biasa kita kenal dengan istilah karat. Korosi terjadi pada sebuah logam diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu :
a.       Kelembapan udara;
b.      Elektrolit;
c.       Lapisan pada permukaan logam;
d.      Zat terlarut pembentuk asam;
e.      Adanya oksigen (o2).

Cara mencegah korosi pada logam bisa kita lakukan secara mekanis, bisa juga secara elektrokimia.
"Cara mekanis" yaitu perlindungan yang dilakukan agar permukaan logam tidak berhubungan langsung dengan udara. Perlidungan ini dapat dilakukan dengan cara mengecat logam, melqapisi logam dengan minyak, oli atau pelumas lainnya.
Sedangkan "Cara elektrokimia" yaitu perlindungan pada logam dengan perlindungan anode dan katode (perlindungan dengan menghubungkan logam pelindung yang memiliki potensial lebih kecil dari potensial logam yang digunakan).
Semoga bermanfaat...!!! :)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks For Your Comment Here