PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Mungkin bagi sebagian orang jaringan komputer bukanlah hal yang baru di sekitar kita. Jaringan komputer sudah banyak di gunakan oleh instasi pemerintah, berbagai perusahaan, lembaga swasta dan contoh kecilnya di sekolah-sekolah untuk memperlancar informasi yang mereka miliki.
Sebagian mungkin masih sering bertanya-tanya, apa itu jaringan komputer??

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung  satu sama lain menggunakan media kabel ataupun nirkabel ( tanpa kabel ) untuk mencapai tujuan bersama. Jaringan komputer dapat di gunakan untuk saling bertukar data atau file, berbagi hardware seperti : printer, scanner, dan peerangkat komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut.

Manfaat jaringan komputer adalah : 
  • Dapat berbagi sumber daya yang ada secara bersama-sama. 
  • Memungkinkan proses pengiriman data berlangsung secara cepat dan efisien. 
  • Memudahkan seseorang berkomunikasi baik melaui teks, gambar, audio dan video secara langsung. 
  • Berbagi perangkat keras ( printer, scenner, dan perangkat komputer lainnya). 
Jaringan komputer dapat di bedakan menjadi 5 jenis, yaitu :

  1. LAN (local Area Network)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
  3. WAN ( Wide Area Network)
  4. Internet
  5. Intranet
 Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak asing dengan bahasa-bahasa di atas, tetapi bagi sebagian orang awam mungkin bertanya-tanya, apa pengertian dari istilah di atas?? .

 1. LAN

LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang mencangkup area kecil, sperti halnya dalam satu gedung ataupun dalam satu lab bahasa indonesia di dalam suatu sekolah. Jaringan LAN sendiri biasanya di gunakan untuk berbagi perangkat keras, misalnya printer dan saling bertukar informasi antar pengguna komputer dalam jaringan LAN tersebut. 


2. MAN 
 
MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang lebih besar dari LAN, dan jaringan MAN masih menggunkan tekhnologi yang sama dengan LAN. Sekala MAN mencangkup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau dalam satu kota, dan juga jaringan MAN dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi ataupun keperluan umum.




3. WAN

WAN (Wide Arae Network) adalah jaringan komputer yang jangkuannya mencangkup antar pulau ataupun antar negara bahkan antar benua. WAN biasanya terdiri dari kumpulan mesin-mesin ataupun server yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi pemakai.

 4. Internet

Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis sistem komputer ataupun jaringan yang ada di dunia yang berbeda aplikasi maupun sistem oprasinya. Hubungan antara jaringan yang ada di dunia ini memanfaatkan kemajuan media komunikasi yang menggunakan protokol TCP/IP yang biasanya berisikan informasi, dan juga sebagai sarana komunikasi data, data tersebut dapat berupa gambar, video, suara dan juga teks.
Internet juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi, seperti halnya jejaring sosial yang kita kenal sekarang seperti Twitter, Facebook, YM dan lainnya. Oleh karna itu kenapa internet jaman sekarang semakin hari semakin populer dan berkembang dengan pesat dalam masyarakat.

5. Intranet
Mungkin banyak masyarakat banyak yang salah mengartikan intranet sama seperti internet, padahal intranet dan internet berbeda. Apa pengertian dari intranet??
Intranet merupakan jaringan komputer yang hanya bisa di akses oleh orang-orang tertentu  yang telah diijinkan ataupun memiliki ijin akses untuk memasukinya, atau juga dapat dikatakan seperti LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet. Sehingga intranet pun masih membutuhkan internet untuk bertukar informasi.

Mungkin sekian artikel saya artikan tentang jaringan komputer. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Terimakasih...!!! :)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks For Your Comment Here