Pengertian Hardware Komputer



Komputer terdiri dari beberapa komponen yang membentuk suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama dan membentuk suatu kesatuan untuk mencapai tujuan bersama. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan proses-proses yang ada pada komputer tidak akan berjalan dengan baik.  Komponen komputer ini termasuk dalam kategori perangkat keras (hardware).

Jadi, apa itu hardware komputer??

Hardware komputer atau dalam bahasa indonesia  “perangkat keras pada komputer”  adalah perangkat pada komputer yang berbentuk fisik yaitu dapat kita lihat, disentuh dan di rasakan oleh tangan kita. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. Input Device : Perangkat input atau perangkat untuk memasukan data ke komputer.
2. Process Device : Perangkat yang menjalankan proses pada sistem komputer.
3. Output Device : Perangkat output atau perangkat yang berfungsi mengeluarkan hasil  pemrosesan komputer.
4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan data pada komputer.

Berikut adalah penjelasan dari masing-masing fungsi perangkat keras di atas :

1. Input Device



Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input data atau memasukan perintah ke dalam sistem komputer, ke dalam suatu memori dan di proses untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.  Berikut ini adalah contoh-contoh perangkat input divace. 
  •   Keyboard
Fungsi keyboard adalah untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus. Keyboard yang sering di gunakan skarang ini adalah jenis keyboard QWERTY. Dan ada  beberapa jenis  jenis port pada  keyboard, yaitu keyboard port serial, ps2, usb dan wireless.
  •  Mouse
Mouse adalah salah unit input device, fungsi dari mouse adalah perintah klik kiri, klik kanan, menggerakkan pointer, dan juga menjalankan perintah dengan klik.
  • Scaner
Scanner adalah alat input yang berfungsi untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian di simpan ke storage komputer.
  • Barcode
Barcode adalah alat input yang berfungsi untuk membaca kode yang berbentuk garis, lalu diterjemahkan dalam bentuk angka, biasanya barcode ini terdapat pada kasir supermarket,indomaret dan alfamaret.
  • Joy stik
Joy stik adalah Alat input yang biasa digunakan pada permainan atau games komputer.

2. Process Device


Perangkat komputer yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer.
Berikut ini alat-alat proses divace : 
  • CPU

CPU adalah otak dari komputer. CPU berfungsi sebagai tempat mengatur atau mengeksekusi semua instruksi program pada komputer yang di perintahkan oleh input device dan juga sebagai pengelola semua aktivitas kinerja yang ada di dalam komputer.
  • RAM


RAM adalah perangkat  proses device yang berfungsi sebagai perangkat yang menyimpan proses kerja komputer untuk sementara, yang selanjutnya akan di proses ke proccessor.

3. Output Device
Output device adalah perangkat komputer yang menampilkan hasil kerja process device  berupa tampilan visual, suara, maupun maupun cetak. Berikut adalah perangkat output device:

  • Monitor

Monitor adalah alat output yang berfungsi sebagai tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer, yang di tampilakan berupa gambar, video, teks dan lainnya.

  • Speaker

Speaker adalah alat untuk mengubah gelombang listrik pada alat aoudio menjadi gelombang suara.

  • Printer

Printer adalah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer  yang berfungsi untuk mencetak hasil data baik berupa tulisan ataupun gambar, ke media kertas.

4. Storage Device
Storage device adalah Peragkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan  data. Berikut adalah perangkat storage device:

  • Hardisk

Harddisk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data biasanya tampil di komputer dengan  Drive C dan Drive D.

  • Floppy Disk

 Floppy Disk adalah perangkat penyimpan data yang biasa kita sebut dengan disket, sekarang sudah di gantikan dengan flash disk.
  • CD atau DVD
CD  atau DVD adalah perangkat penyimpan data yang berbentuk piringan.
  •  Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat penyimpan data yang skarang semakin banyak penggunaannya.

Demikian seputar perangkat keras komputer.
semoga dapat bermanfaat bagi pembaca :)
terimakasih..

 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks For Your Comment Here