TIPS KOMPUTER MEMPERCEPAT KINERJA WINDOWS



Assalamualaikum Wr.Wb
Mungkin banyak dari teman-teman yang mendapati kinerja komputer kita yang kurang maksimal. Sehingga kita sering merasa jengkel saat kita harus mengerjakan suatu pekerjaan di PC kita, padahal pekerjaan itu harus kita selesaikan secepatnya. Mungkin terdapat beberapa problem pada PC kita yang harus di benahi. Dan bagaimana cara mempercepat kinerja windows. Berikut ini ada beberapa cara dan Tips Mempercepat kinerja windows yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki peforma PC kita.

1.   Membersihkan Ricsycle Bin

Mungkin kita sering menghapus file-file yang sudah tidak kita butuhkan, biasanya ketika kita menghapus file-file tersebut, file itu akan otomatis masuk ke ricsycle bin. Mungkin beberapa file tidak akan berpengaruh pada peforma PC kita, tapi Tanpa kita sadari ricsycle bin akan penuh dengan sendirinya. Dan file-file tersebut akan mempengaruhi peforma PC kita dan juga storage akan otomatis di pakai untuk menyimpan file yang tidak berguna tersebut. Cara terbaik adalah kita membuang semua file-file pada ricsycle bin yang tidak kita butuhkan lagi. Caranya mudah saja :
·         klik kanan pada icon ricsycle bin
·         Lalu pilih empty ricsycle bin.
Tapi, pastikan dulu data tersebut semuanya sudah tidak kita butuhkan lagi.
  
2.      Melakukan defragmenter
Mungkin teman-teman sudah banyak yang tau soal tools yang satu ini, system defragmen berfungsi untuk merapihkan file-file yang ada pada hardisk kita. Selain berfungsi memaksimalkan storage kita,  system defragmen juga berfungsi pada performa pc kita pada saat pembacaan data ataupun file.
Cara melakukan defragment adalah sebagai berikut ini :
·         klik kanan pada salah satu setorage kita, contoh data D:/ .
·         Lalu pilih properties setelah itu pilih tools.
·         Dan klik defragment now.
·         Setelah itu kita pilih defragment disk.
·         Tunggu prosesnya hingga selesai.
  

3.      Melakukan Disk Clean up
Tools yang satu ini sama dengan defragment, akan tetapi pengertian disk clean up adalah tools windows yang di gunakan untuk menghapus file yang sudah tidak terpakai lagi, seperti registry-registry, cokies, ataupun cache.  File-file tersebut dihasilkan saat kita melakukan browsing ataupun saat kita menginstall dan menguninstall program. Apabila kita tidak sering menghapus file-file tersebut, file-file itu akan semakin banyak dan akan menguras banyak pemakaian hardisk kita. Cara melakukan disk clean up sama dengan sysetem defragment :
·         Cukup klik kanan pada storage kita, yaitu local disk C:/.
·         Lalu pilih propertis.
·         Setelah itu klik general
·         Pilih disk clean up.
·         Tunggu prosesnya hingga selesai.
Catatan : Lakukan minimal 1 atau 2 bulan sekali.
 

4.      Menseting startup atau mematikan aplikasi yang tidak perlu pada start up
Dalam hal ini sangat mempengaruhi peforma pc kita pada saat pertama kali booting, lebih baik kita atur beberapa software yang di butuhkan pada saat star up. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
·         Tekan tombol windows + R.
·         Lalu ketikkan msconfig.
·         Setelah itu kita pilih startup.
·         Cukup hilankan tanda centang pada program yang tidak kita butuhkan dan beri tanda centang pada program yang akan kita gunakan saat pertama kali melakukan start up. Contoh anti virus.


5.      MengUninstal software yang tidak kita butuhkan
Tanpa kita sadari jika kita menginstal software,itu akan mempengaruhi kinerja pc kita. Mungkin sebaiknya kita uninstal saja program aplikasi yang tidak kita butuhkan dan kita gunakan sftware yang seperlunya saja. Cara menguninstal software cukup mudah :
·         Kita klik start pilih control panel.
·         Cari menu program and feature.
·         Setelah itu cukup memilih salah satu software dan klik kanan pada software tersebut lalu pilih uninstal/change.
·         Tunggu prosesnya hingga selesai.

Selain menggunakan tools dari windows kita dapat menggunakan beberapa software, salah satunya ccleaner. Semoga artikel Tips mempercepat windows yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi anda. Tinggalkan komentar anda apabila artikel yang saya buat ini ada kesalahan, karna saya sendiri masih dalam proses belajar. Karna, dengan bantuan anda semua saya bisa memperbaiki artikel saya.
Terimakasih.....!!!!!!! :)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks For Your Comment Here