Pengertian Sistem Oprasi Dan Jenisnya



Pengertian OS (Oprating System)

Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris biasa disebut “operating system adalah” seperangkat program yang mengelola sumber daya Hardware komputer. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting dalam sebuah sistem komputerr. Tanpa OS, kita tidak dapat menjalankan program aplikasi yang ada pada PC kita.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis dapat mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya
Untuk fungsi perangkat keras seperti sebagai input devices dan output device serta alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dengan perangkat keras pada komputer, meskipun kode aplikasi biasanya langsung dieksekusi oleh perangkat keras dan juga akan seringkali akan menghubungi OS. Sistem operasi dapat ditemukan pada hampir semua perangkat komputer mulai dari ponsel, konsol permainan video untuk super komputer dan juga server web. 

Berikut "Jenis-jenis Sistem Oprasi" :
  •  Windows
“Pengertian Windows adalah” perangkat lunak sistem operasi freeware (close source: artinya listening program yang tertutup) dan antarmuka pengguna grafis yang diproduksi oleh Microsoft. Pada Awalnya Windows bermula dari Microsoft Disk Operating System (Ms-Dos) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan bebasis Command-Line interpreter. Contoh OS windows adalah : DOS, windows 9, windows 95, windows 98, windows 2000, windows xp, windows vista dan windows 7.
  •  LINUX

 “Pengertian Linux adalah” suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking. Linux dapat berjalan di berbagai platform, termasuk pada prosesor INTEL 386 dan Proccessor lain yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan juga Novell. Nama Linux sendiri di dapat dari pencipta awal linux yaitu Linus Torvalds yang sebetulnya dia mengacu pada kernel dari suatu oprating system, yaitu suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan software yang lengkap, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap. “Contoh Distro Linux” antara lain : Ubuntu, fedora, debian, pclinuxos, mandrake, red hat, blank on, backtrack.
  •  ANDROIT

 “Pengertian Android adalah” perangkat lunak sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform seperti linux yang bersifat terbuka bagi para pengembang sehingga pengembang dapat membuat dan menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam-macam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc, yaitu pendatang baru yang membuat peranti lunak yang digunakan untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah sebuah kelompok yang di beri nama Open Handset Alliance, yaitu konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Contoh perangkat lunak android adalah : Jelly Bean (Android 4.1), Ice Cream Sandwich (Android 4.0), HoneyComb (Android 3.0),  Gingerbread (Android 2.3), dan masih banyak lainya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks For Your Comment Here